• Breaking News

    review buku kurikulum kurikulum dan pembelajaran


    1.    Identitas Buku
    Judul Buku                             : Kurikulum dan Pembelajaran
    Penulis                                    : Dr. Oemar Hamalik
    Penerbit                                  : PT. Bumi Aksara
    Tahun Terbit                           : September 2005 (Cetakan Kelima)
    Kota Terbit                        : Jakarta
    Jumlah Halaman                     : 185 halaman
    Teks                                        : Bahasa Indonesia
    3.   Isi Buku
    a.    Isi buku
    Dalam buku ini “Kurikulum dan Pembelajaran” terdapat 10 bab pokok bahasan, yaitu:
    Bab 1. Proses Pendidikan, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang pengertian pendidikan, tujuan, peserta didik, tenaga kependidikan dan konsep pengajaran.
    Bab 2. Dasar Pengembangan Kurikulum, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang dasar pengembangan kurikulum yang didalamnya terdapat pengertian kurikulum, landasan pengembangan kurikulum, komponen pengembangan kurikulum, dan prinsip pengembangan kurikulum.
    Bab 3. Hakikat Belajar, pada bab ini, penulis menjelaskan tentang hakikat belajar yang didalamnya memuat pengertian belajar, teori belajar, cirri-ciri belajar, dan unsure-unsur dinamis dalam proses belajar.
    Bab 4. Hakikat Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjelaskan tentang hakikat pembelajaran yang didalamnya memuat pengertian pembelajaran, teori pembelajaran, cirri pembelajaran, dan unsure pembelajaran.
    Bab 5. Tujuan Belajar dan Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang tujuan belajar dan pembelajaran yang didalamnya memuat tujuan belajar, tujuan pembelajaran, klasifikasi tujuan pendidikan, dan taksonomi tujuan pendidikan.
    Bab 6. Dasar Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang dasar pebelajaran yang meliputi asas-asas belajar, aktivitas belajar, perbedaan individual, pengulangan dan latihan, dan lingkungan.
    Bab 7. Motivasi Belajar, bab ini, penulis menjabarkan tentang motivasi belajar yang didalamnya mencakup pengertian dan pentingnya motivasi, jenis dan sifat motivasi, prinsip motivasi belajar, dan upaya meningkatkan motivasi belajar.
    Bab 8. Pendekatan dalam Pembelajaran, Dalam bab ini, penulis menjelaskan tentang pendekatan dalam pembelajaran yang didalamnya memuat perkembangan konsep pembelajaran, model pembelajaran, dan strategi pembelajaran.
    Bab 9. Pendekatan CBSA dalam Pembelajaran, Dalam bab ini, penulis menjelaskan tentang cara belajar siswa aktif dalam pembelajaran yang didalamnya memuat tentang konsep CBSA dalam pembelajaran dan pendekatan keterampilan proses sebagai bagian dari CBSA.
    Bab 10. Evaluasi Belajar dan Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjelakan tentang evaluasi belajar dan pembelajaran yang didalamnya memuat pengertian, kedudukan, dan syarat umum evaluasi, evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran.
    Beliau mengemukakan bahwa istilah kurikulum memiliki berbagai tafisran yang dirumuskan oleh pakar-pakar dalam bidang pengembangan kurikulum sejak dulu sampai sekarang. Istilah kurikulum berasal dari bahasa latin, yakni curriculae, artinya jarak yang ditempuh oleh seorang pelari. Secara sederhana, kurikulum didefinisikan sebagai jangka waktu pendidikan yang harus ditempuh oleh siswa yang bertujuan utnuk memperoleh ijazah.
    Selain definisi di tas, beliau memberikan poin-poin penting mengenai kurikulum, yaitu: Kurikulum adalah (a) kurikulum memuat isi dan materi pelajaran, (b) kurikulum sebagai rencana pembelajaran, (c) kurikulum sebagai pengalaman belajar.
    Dalam buku beliau yang lain, Hamalik mengemukakan secara lebih mendetail dan meluas mengenai kurikulum sebagai berikut:
    a.       Kurikulum merupakan suatu rencana/ prencanaan.
    b.      Kurikulum merupakan pengaturan, berarti mmpunyai sistematika dan struktur tertentu.
    c.       Kurikulum memuat/ berisikan isi dan bahan pelajaran.
    d.      Kurikulum mengandung cara, metode, atau strategi penyampaian pelajaran.
    e.       Kurikulum merupakan pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
    f.       Kendatipun tidak tertulis, namun telah tersirat di dalam kurikulum, yakni kurikulum dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan.[1]
    Tidak jauh berbeda, Nasution mengemukakan bahwa kurikulum lazimnya merupakan suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staff pengajarnya. Namun, bukan hanya itu, sebagian ahli juga menyebutkan bahwa kurikulum bukan hanya meliputi semua kegiatan yang direncanakan, melainkan juga peristiwa-peristiwa yang terjadi di bawah pengawasan sekolah, yang bersifat formal dan tak formal.[2]
    Penulis juga mengemukakan landasan pengembangan kurikulum terdiri dari, (a) filsafat dan tujuan pendidikan (b) keadaan lingkungan, (c) kebutuhan pembangunan, (d) perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
    Sedangkan S. Nasution mengemukakan bahwa landasan kurikulum seperti ini juga dikemukakan oleh, yaitu landasan filosofis, sosiologis, psikologis dan pengetahuan.[3]
    Selain itu, penulis mengemukakan kurikulum memiliki komponen-komponen berupa: (a) tujuan kurikulum yang bersumber pada tujuan pendidikan nasional, (b) materi kurikulum, adalah isi kurikulum berupa bahan kajian dan pelajaran, (c) metode atau cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran, (d) organisasi kurikulum, yang terdiri dari mata pelajaran terpisah, mata pelajaran berkorelasi, bidang studi/pengajaran, program yang berpusat pada anak, core program, dan electic program, (e) evaluasi kurikulum.
    Dan prinsip pengembangan kurikulum, yaitu: (a) berorientasi pada tujuan, (b) relevansi dengan kebutuhan, (c) efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan, (d) fleksibilitas, (e) berkesinambungan, (f) keterpaduan, (g) bermutu.
    b.    Kelebihan dan kelemahan buku.
          1)  Kelebihan
    a)     Penggunaan bahasa yang baku dan mudah di mengerti
    b)     Desaign buku nya simple dan cerah membuat pembaca bersemangat.
    c)     Isinya cukup jelas dan mudah dipahami
    d)    Setiap bab terdapat rangkuman yang berisikan ringkasan materi tersebut
    e)     Setiap bab terdapat soal-soal pertanyaan untuk latihan
    f)      Ukuran buku yang tidak terlalu besar, mudah dan ringan dibawa
         2)  Kekurangan
    Pembahasan tentang kurikulum terlalu sedikit, hanya satu bab, sebagian besar isi buku yang lain tentang pembelajaran, akan tetapi hal itu sangatlah wajar, jika kita melihat definisi dan karakteristik kurikulum yang beliau kemukakan yang mencakup berbagai unsur pedoman, perencanaan, cara, metode, bahan atau strategi penyampaian pelajaran.

    Daftar Pustaka
    Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi aksara, 2005)
                                                        
    Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi aksara, 2005)

    S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010).



    [1] Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005), h. 66.
    [2] S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010), h. 5
    [3] Ibid, h. 14.

    Tidak ada komentar:

    Makalah

    Skripsi

    Tesis