1. Identitas Buku
Judul
Buku : Kurikulum dan Pembelajaran
Penulis : Dr. Oemar Hamalik
Penerbit : PT. Bumi Aksara
Tahun
Terbit
: September 2005 (Cetakan Kelima)
Kota Terbit
:
Jakarta
Jumlah Halaman : 185 halaman
Teks : Bahasa Indonesia
3. Isi Buku
a. Isi buku
Dalam buku
ini “Kurikulum dan Pembelajaran” terdapat 10 bab pokok bahasan, yaitu:
Bab 1. Proses Pendidikan, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang pengertian
pendidikan, tujuan, peserta didik, tenaga kependidikan dan konsep pengajaran.
Bab 2. Dasar Pengembangan
Kurikulum, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang dasar pengembangan
kurikulum yang didalamnya terdapat pengertian kurikulum, landasan pengembangan
kurikulum, komponen pengembangan kurikulum, dan prinsip pengembangan kurikulum.
Bab 3. Hakikat Belajar, pada bab ini, penulis menjelaskan tentang hakikat belajar yang didalamnya
memuat pengertian belajar, teori belajar, cirri-ciri belajar, dan unsure-unsur
dinamis dalam proses belajar.
Bab 4. Hakikat Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjelaskan tentang hakikat
pembelajaran yang didalamnya memuat pengertian pembelajaran, teori pembelajaran,
cirri pembelajaran, dan unsure pembelajaran.
Bab 5. Tujuan Belajar dan
Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang tujuan belajar dan
pembelajaran yang didalamnya memuat tujuan belajar, tujuan pembelajaran,
klasifikasi tujuan pendidikan, dan taksonomi tujuan pendidikan.
Bab 6. Dasar Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjabarkan tentang dasar
pebelajaran yang meliputi asas-asas belajar, aktivitas belajar, perbedaan
individual, pengulangan dan latihan, dan lingkungan.
Bab 7. Motivasi Belajar, bab ini, penulis menjabarkan tentang motivasi belajar yang didalamnya
mencakup pengertian dan pentingnya motivasi, jenis dan sifat motivasi, prinsip
motivasi belajar, dan upaya meningkatkan motivasi belajar.
Bab 8. Pendekatan dalam Pembelajaran, Dalam bab ini, penulis menjelaskan tentang pendekatan
dalam pembelajaran yang didalamnya memuat perkembangan konsep pembelajaran,
model pembelajaran, dan strategi pembelajaran.
Bab 9. Pendekatan CBSA dalam
Pembelajaran, Dalam bab ini, penulis menjelaskan tentang cara belajar siswa
aktif dalam pembelajaran yang didalamnya memuat tentang konsep CBSA dalam
pembelajaran dan pendekatan keterampilan proses sebagai bagian dari CBSA.
Bab 10. Evaluasi Belajar dan
Pembelajaran, pada bab ini, penulis menjelakan tentang evaluasi belajar dan
pembelajaran yang didalamnya memuat pengertian, kedudukan, dan syarat umum
evaluasi, evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran.
Beliau mengemukakan bahwa istilah kurikulum memiliki berbagai tafisran yang
dirumuskan oleh pakar-pakar dalam bidang pengembangan kurikulum sejak dulu
sampai sekarang. Istilah kurikulum berasal dari bahasa latin, yakni curriculae,
artinya jarak yang ditempuh oleh seorang pelari. Secara sederhana, kurikulum
didefinisikan sebagai jangka waktu pendidikan yang harus ditempuh oleh siswa
yang bertujuan utnuk memperoleh ijazah.
Selain definisi di tas, beliau memberikan poin-poin penting mengenai
kurikulum, yaitu: Kurikulum adalah (a) kurikulum memuat isi dan materi
pelajaran, (b) kurikulum sebagai rencana pembelajaran, (c) kurikulum sebagai
pengalaman belajar.
Dalam buku beliau yang lain, Hamalik mengemukakan secara
lebih mendetail dan meluas mengenai kurikulum sebagai berikut:
a.
Kurikulum merupakan suatu rencana/
prencanaan.
b.
Kurikulum merupakan pengaturan, berarti
mmpunyai sistematika dan struktur tertentu.
c.
Kurikulum memuat/ berisikan isi dan
bahan pelajaran.
d.
Kurikulum mengandung cara, metode, atau
strategi penyampaian pelajaran.
e.
Kurikulum merupakan pedoman
penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
f.
Kendatipun tidak tertulis, namun telah
tersirat di dalam kurikulum, yakni kurikulum dimaksudkan untuk mencapai tujuan
pendidikan.[1]
Tidak jauh berbeda, Nasution mengemukakan bahwa kurikulum
lazimnya merupakan suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar
mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan
beserta staff pengajarnya. Namun, bukan hanya itu, sebagian ahli juga
menyebutkan bahwa kurikulum bukan hanya meliputi semua kegiatan yang
direncanakan, melainkan juga peristiwa-peristiwa yang terjadi di bawah
pengawasan sekolah, yang bersifat formal dan tak formal.[2]
Penulis juga mengemukakan landasan pengembangan kurikulum terdiri dari, (a) filsafat dan tujuan
pendidikan (b) keadaan lingkungan, (c) kebutuhan pembangunan, (d) perkembangan
ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
Sedangkan S. Nasution mengemukakan bahwa landasan kurikulum seperti ini
juga dikemukakan oleh, yaitu landasan filosofis, sosiologis, psikologis dan
pengetahuan.[3]
Selain itu, penulis mengemukakan kurikulum memiliki komponen-komponen berupa: (a) tujuan kurikulum yang
bersumber pada tujuan pendidikan nasional, (b) materi kurikulum, adalah isi
kurikulum berupa bahan kajian dan pelajaran, (c) metode atau cara yang
digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran, (d) organisasi kurikulum, yang
terdiri dari mata pelajaran terpisah, mata pelajaran berkorelasi, bidang
studi/pengajaran, program yang berpusat pada anak, core program, dan electic
program, (e) evaluasi kurikulum.
Dan prinsip pengembangan kurikulum, yaitu: (a) berorientasi pada tujuan,
(b) relevansi dengan kebutuhan, (c) efisiensi dan efektivitas dalam
pelaksanaan, (d) fleksibilitas, (e) berkesinambungan, (f) keterpaduan, (g)
bermutu.
b. Kelebihan dan kelemahan buku.
1) Kelebihan
a) Penggunaan bahasa yang baku dan
mudah di mengerti
b) Desaign buku nya simple dan cerah
membuat pembaca bersemangat.
c) Isinya cukup jelas dan mudah
dipahami
d) Setiap bab terdapat rangkuman
yang berisikan ringkasan materi tersebut
e) Setiap bab terdapat soal-soal pertanyaan
untuk latihan
f) Ukuran buku yang tidak terlalu
besar, mudah dan ringan dibawa
2) Kekurangan
Pembahasan tentang kurikulum terlalu sedikit, hanya
satu bab, sebagian besar isi buku yang lain tentang pembelajaran, akan tetapi
hal itu sangatlah wajar, jika kita melihat definisi dan karakteristik kurikulum
yang beliau kemukakan yang mencakup berbagai unsur pedoman, perencanaan, cara, metode, bahan atau
strategi penyampaian pelajaran.
Daftar Pustaka
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran,
(Jakarta: Bumi aksara, 2005)
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar,
(Jakarta: Bumi aksara, 2005)
S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran,
(Jakarta: Bumi Aksara, 2010).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar