• Breaking News

    Pengaruh Rencana Pembelajaran Terhadap Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara

    BAB I
    PENDAHULUAN


    A.    Latar Belakang Masalah
    Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rumusan-rumusan tentang apa yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan atau kompetensi dasar yang telah ditentukan, sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Peran guru yang begitu penting harus disertai dengan penguasaan pengetahuan. informasi dan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman dalam upaya peningkatan kualitas dan profesionalitas. Karena guru dengan kelebihan ilmu pengetahuan dan ketrampilannya dapat benar-benar memaksimalkan  statusnya  sebagai pelaksana perubahan (agent of change). Dengan kata lain kelangsungan dan keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh peran guru.
    Di era globalisasi guru dituntut agar memiliki kinerja yang optimal utamanya disiplin agar mampu menyiapkan anak dan diri guru itu sendiri dalam menghadapi persaingan-persaingan yang akan dihadapi kelak dilingkungannya, selain itu diharapkan siswa mampu meniru sikap guru yang yang menunjukkan kinerja yang optimal sehingga akan lebih mampu dalam mencapai tujuan pendidikan selain membuat diri sendiri sebagai individu yang bertanggung jawab terhadap tugas dan figure bagi peserta didik guru harus mampu memberi motifasi kepada peserta didik. menimbulkan semangat belajar secara individual dengan menggunakan pengalaman anak sehingga dapat memberi kebebasan dan membiasakan anak mempunyai daya kreasi, dalam bekerja.[1]
    Proses pengembangan perencanaan pembelajaran terkait erat dengan unsur-unsur dasar kurikulum yaitu tujuan materi pelajaran, pengalaman belajar dan penilaian hasil belajar. Perangkat yang harus dipersiapkan dalam perencanaan pembelajaran adalah: (a) memahami kurikulum; (b) menguasai bahan ajar; (c) menyusun program pengajaran; (d) melaksanakan program pengajaran dan (e) menilai program pengajaran dan hasil proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Dalam hal ini Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara yang ^terdapat 9 madrasah dapat dijadikan acuan dalam mempersiapkan administrasi guru seperti rencana pembelajaran guru di Madrasah tersebut beraneka ragam dalam mempersiapkan RPP.
    Berdasarkan uraian di atas, maka mendorong penulis untuk mengungkap karya tulis ilmiah tentang “Pengaruh Rencana Pembelajaran Terhadap Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara.”


    B. Rumusan Masalah
    Berdasarkan    dari    latar    belakang    tersebut    maka    penulis dapat mengemukakan rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut:
    1.      Bagaimana  Rencana  Pembelajaran  Guru  di   Madrasah   Ibtidaiyah  Se Kecamatan Daha Utara?
    2.      Bagaimana   Kemampuan   Guru   dalam   Pelaksanaan   Pembelajaran   di
    Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara?
    3.      Bagaimana Pengaruh Rencana Pembelajaran Terhadap Kemampuan Guru
    dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara?
    C. Tujuan Penelitian
    Agar penelitian ini dapat memperoleh hasil yang baik, maka perlu
    dirancangkan tujuan yang hendak penulis capai. Adapun tujuan yang hendak
    dicapai dalam melaksanakan penelitian ini adalah:                            
    1.  Untuk mengetahui Rencana Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah  Se Kecamatan Daha Utara.
    2.                  Untuk mengetahui Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara.
    3.                  Untuk mengetahui pengaruh Rencana Pembelajaran Terhadap Kemampuan   Guru   dalam   Pelaksanaan   Pembelajaran   di   Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara.
    D. Kegunaan Penelitian
    Dalam penelitian ini diharapkan dapat berguna dari segi teoritik maupun secara praktik antara lain:
    1.  Secara Teoritik
    Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan literatur tentang pengaruh rencana pembelajaran guru terhadap kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran.
    2. Secara Praktis.
    a.   Memberikan   kontribusi   bagi   para  guru   agar   lebih   meningkatkan
    kinerjanya sesuai dengan tugas dan kewajiban.
    b.   Dapat memperoleh informasi secara konkrit tentang kondisi obyektif
    lembaga profesi untuk mengembangkan pelaksanaan pembelajaran guru
    di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara
    c.   Bagi Penulis di harapkan dapat menjadi wahana pengetahuan kelak
    tentang    bagaimana    kesiapan    guru    dalam    membuat    administrasi
    pembelajaran.



    [1] Fuad Fahrudin, Pedoman Standar Minimal Madrasah Ibtidaiyah, (Jakarta: Departemen Agama RI, 2005), hal. 24.

    Tidak ada komentar:

    Makalah

    Skripsi

    Tesis