BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Pengembangan rencana pelaksanaan
pembelajaran merupakan rumusan-rumusan tentang apa yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai
tujuan atau kompetensi dasar yang telah ditentukan, sebelum kegiatan belajar
mengajar dilaksanakan. Peran
guru yang begitu penting harus disertai dengan
penguasaan pengetahuan. informasi dan teknologi
yang sesuai dengan perkembangan zaman dalam upaya peningkatan kualitas dan
profesionalitas. Karena guru dengan kelebihan ilmu pengetahuan dan ketrampilannya dapat benar-benar
memaksimalkan statusnya sebagai pelaksana perubahan (agent of change). Dengan kata
lain kelangsungan dan keberhasilan pendidikan
sangat ditentukan oleh peran guru.
Di era globalisasi guru dituntut
agar memiliki kinerja yang optimal utamanya disiplin agar mampu menyiapkan anak dan diri
guru itu sendiri dalam menghadapi persaingan-persaingan yang akan dihadapi
kelak dilingkungannya, selain itu diharapkan siswa
mampu meniru sikap guru yang yang
menunjukkan kinerja yang optimal sehingga akan lebih mampu dalam mencapai tujuan pendidikan selain membuat diri
sendiri sebagai individu yang bertanggung
jawab terhadap tugas dan figure bagi peserta didik guru harus mampu memberi motifasi kepada peserta didik.
menimbulkan semangat belajar secara individual dengan menggunakan pengalaman
anak sehingga dapat memberi kebebasan
dan membiasakan anak mempunyai daya kreasi, dalam bekerja.[1]
Proses pengembangan perencanaan pembelajaran terkait erat dengan unsur-unsur dasar kurikulum yaitu tujuan materi
pelajaran, pengalaman belajar dan
penilaian hasil belajar. Perangkat yang harus dipersiapkan dalam perencanaan
pembelajaran adalah: (a) memahami kurikulum; (b) menguasai bahan ajar; (c)
menyusun program pengajaran; (d) melaksanakan program pengajaran dan (e) menilai program pengajaran dan hasil proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Dalam hal ini
Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara yang ^terdapat 9 madrasah dapat
dijadikan acuan dalam mempersiapkan
administrasi guru seperti rencana pembelajaran guru di Madrasah tersebut
beraneka ragam dalam mempersiapkan RPP.
Berdasarkan uraian di atas, maka mendorong penulis untuk
mengungkap karya tulis ilmiah tentang “Pengaruh Rencana Pembelajaran Terhadap Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan
Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara.”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar
belakang tersebut maka
penulis dapat mengemukakan rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagaimana
Rencana Pembelajaran Guru
di Madrasah Ibtidaiyah
Se Kecamatan Daha Utara?
2. Bagaimana
Kemampuan Guru dalam
Pelaksanaan Pembelajaran di
Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara?
Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara?
3. Bagaimana Pengaruh
Rencana Pembelajaran Terhadap Kemampuan Guru
dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara?
dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara?
C.
Tujuan Penelitian
Agar penelitian ini dapat memperoleh hasil
yang baik, maka perlu
dirancangkan tujuan yang hendak penulis capai. Adapun tujuan yang hendak
dicapai dalam melaksanakan penelitian ini adalah:
dirancangkan tujuan yang hendak penulis capai. Adapun tujuan yang hendak
dicapai dalam melaksanakan penelitian ini adalah:
1.
Untuk mengetahui Rencana Pembelajaran di Madrasah
Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara.
2.
Untuk mengetahui Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan
Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara.
3.
Untuk mengetahui pengaruh Rencana Pembelajaran Terhadap Kemampuan
Guru dalam Pelaksanaan
Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara.
D. Kegunaan Penelitian
Dalam
penelitian ini diharapkan dapat berguna dari segi teoritik maupun secara praktik antara lain:
1. Secara Teoritik
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan sumbangan pemikiran dan
literatur tentang pengaruh rencana pembelajaran guru terhadap kemampuan guru dalam pelaksanaan
pembelajaran.
2. Secara
Praktis.
a. Memberikan kontribusi
bagi para guru
agar lebih meningkatkan
kinerjanya sesuai dengan tugas dan kewajiban.
kinerjanya sesuai dengan tugas dan kewajiban.
b. Dapat memperoleh informasi secara konkrit tentang
kondisi obyektif
lembaga profesi untuk mengembangkan pelaksanaan pembelajaran guru
di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara
lembaga profesi untuk mengembangkan pelaksanaan pembelajaran guru
di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Daha Utara
c. Bagi
Penulis di harapkan dapat menjadi wahana pengetahuan kelak
tentang bagaimana kesiapan guru dalam membuat administrasi
pembelajaran.
tentang bagaimana kesiapan guru dalam membuat administrasi
pembelajaran.
[1] Fuad Fahrudin, Pedoman
Standar Minimal Madrasah Ibtidaiyah, (Jakarta: Departemen Agama RI, 2005), hal. 24.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar