• Breaking News

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK 2013



    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP) 2013

    Satuan Pendidikan     : 
    Kelas / Semester         :  1 /1
    Tema                           :  Diriku (Tema 1)
    Sub Tema                    :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
    Pembelajaran ke          :  1
    Alokasi waktu            :  1 Hari

    A.    KOMPETENSI INTI
    1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
    2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
    3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
    4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

    B.     KOMPETENSI DASAR

    PPKn
    4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.

    Bahasa Indonesia
    4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

    PJOK
    4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam     berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

    SBdP
    4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil   pengamatan di lingkungan sekitar.

    C.    INDIKATOR

    PPKn
    Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah.

    Bahasa Indonesia
    Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
    Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.
    Menyebutkan nama temannya.


    PJOK
    Melakukan gerakan melempar.
    Melakukan gerakan menangkap.

    SBdP
    Memberi hiasan pada kartu nama.

    D.    TUJUAN
    1. Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
    menyebutkan nama panggilan secara benar.
    2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
    3. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.

    E.     MATERI
    Buku siswa hal. 1
    teks dan nama-nama teman Udin
    Permainan memperkenalkan diri,
    Lirik lagu “Siapa Namamu”

    F.     PENDEKATAN & METODE
    Pendekatan          : Scientific
    Strategi                 : Cooperative Learning
    Teknik                  : Example Non Example
    Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

    G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
    Kegiatan
    Deskripsi Kegiatan
    Alokasi
    Waktu
    Kegiatan
    Pendahuluan
    Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
    Pembacaan Teks Pancasila.
    Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
    Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
    Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
    Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
        10
        menit
    Kegiatan
    Inti
    Teman Baru
    1.   Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
    2.   Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
    3.   Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
    4.   Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
    5.   Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak.... nama panjang.... biasa dipanggil Ibu/Bapak....  kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
    6. Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
          Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
    7.   Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
    8.   Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa.

          Lirik lagu “Siapa Namamu”
          Ciptaan A.T. Mahmud
          1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
          Sia pa kah na ma mu
          5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
          Na ma ku ............. (sebutkan nama anak)

    9.   Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
    10. Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.

    Menghias Kartu Nama
    1.   Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
    2.   Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masingmasing.
    3.   Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
    4. Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
    5.   Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
    6.   Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
        150
        menit

    Kegiatan
    Penutup
    Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
    Salam dan do’a penutup.
        15
        menit

    H.    SUMBER DAN  MEDIA
    ·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
    ·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
    ·         Buku Pengembangan Diri Anak.
    ·         gambar  tentang  Aku dan Teman Baru.
                     Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
     Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing- masing siswa.
    Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
    Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama.

    I.       PENILAIAN
    1. Prosedur Penilaian
    a.      Penilain Proses
    Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
    b.      Penilaian Hasil Belajar
    Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
    1. Instrumen Penilaian
    a.      Penilaian Proses
    1)   Penilaian Kinerja.
    2)   Penilaian Produk.
    b.      Penilaian Hasil Belajar
    ·       Pilihan ganda.
    ·       Isian singkat.
    ·       Esai atau uraian.

    Pandak Daun,  14 Juli 2014
    Mengetahui,
    Kepala Madrasah




    Guru Mata Pelajaran



                                                                                                                                          

    Tidak ada komentar:

    Makalah

    Skripsi

    Tesis