RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
Bahasa
Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PJOK
4.3
Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional.
SBdP
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di
lingkungan sekitar.
C. INDIKATOR
PPKn
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah.
Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.
Menyebutkan nama temannya.
PJOK
Melakukan gerakan melempar.
Melakukan gerakan menangkap.
SBdP
Memberi hiasan pada kartu
nama.
D.
TUJUAN
1. Setelah mengikuti
permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan
secara benar.
2. Dengan melakukan permainan
siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias
kartu nama dengan rapi.
E.
MATERI
Buku siswa hal. 1
teks dan nama-nama teman Udin
Permainan memperkenalkan diri,
Lirik lagu “Siapa Namamu”
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Teman Baru
1. Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
2. Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan
teks dan nama-nama teman Udin.
3. Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo
dan Beni di buku siswa hal. 2.
4. Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah
permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta
melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri,
”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak.... nama panjang.... biasa dipanggil
Ibu/Bapak.... kemudian, melempar bola
pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6. Siswa yang berhasil
menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang
menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
7. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan
diri.
8. Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk
bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru menggunakan
lagu yang ada di buku siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku ............. (sebutkan nama anak)
9. Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil
menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa
tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman
tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan
seterusnya.
10. Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal,
dimulai dari mengenal nama.
Menghias Kartu Nama
1. Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita
bisa juga menggunakan kartu nama.
2. Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka
masingmasing.
3. Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama
masing-masing siswa.
4. Guru menunjukkan kartu
namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
5. Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama
mereka masingmasing.
6. Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di
sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Siswa melakukan perenungan
tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah
mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin
mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan
dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
gambar tentang
Aku dan Teman Baru.
Bola plastik atau bola dari
kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
Karton/kertas/kardus
bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing- masing siswa.
Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang
sudah disediakan.
Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama.
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis
dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
|
Pandak
Daun, 14 Juli
2014
|
Mengetahui,
Kepala
Madrasah
|
Guru Mata Pelajaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar