BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Penataan
pegawai merupakan suatu faktor penunjang untuk mencapai keseimbangan antara
sumber daya yang ada dengan tugas dan fungsi yang diperlukan dalam mencapai
produktifitas kerja. Di era teknologi dan informasi yang semakin menglobal ini,
peran manusia dalam menjalankan roda suatu organisasi merupakan unsur yang
penting, Sehingga diperlukan manajemen sumber daya manusia sebagai upaya
pengintegrasian kebutuhan personil untuk dapat mencapai tujuan yang ditetapkan
dalam organisasi.
Dalam
peranannya membantu pemerintahan sebagai pengatur dan pengendali jalannya
pemerintahan, pegawai negeri mempunyai kedudukan yang sangat penting yaitu
sebagai aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat, yang patuh pada
kesetiaan dan ketaatan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan
Pemerintah dalam rangka penyelenggaraan tugasnya.
Untuk
mendukung program kerja dan keberhasilan pembangunan maka diperlukan kinerja
dan pelayanan yang baik kepada masyarakat guna mewujudkan keberhasilan pelaksanaan
tugas pelayanan maka harus dimulai terlebih dahulu dengan peningkatan kinerja
aparaturnya, selain itu juga diberikan motivasi, dan penanaman kedisiplinan
serta tingkat pendidikan dan pelatihan yang tinggi, sehingga diperoleh sumber
daya manusia (SDM) yang berkualitas.
Kinerja
pegawai di lingkungan Kantor Urusan Agama Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu
Sungai Selatan dirasa masih kurang maksimal, tidak terlepas dari ketersediaan
tenaga kerja atau sumber daya manusia yang handal, pengawasan dan serta fasilitas
yang memadai, oleh sebab itu pula diperlukan pelatihan kepemimpinan yang baik
agar target yang ditetapkan dapat tercapai. Disamping itu pula karyawan perlu
diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan yang lebih tinggi, sehingga
dapat memberikan pelayanan secara maksimal untuk dapat saling bekerja sama
dalam mencapai tujuan organisasi.
Pendidikan,
motivasi dan pelatihan bagi aparatur negara harus dilaksanakan. Hal ini untuk meningkatkan
efektifitas dan efisiensi kerja akan tetapi juga dalam rangka mempercepat pemantapan
dan perwujudan aparatur pemerintah yang mampu dan handal.
Pada
instansi pemerintah, untuk penilaian kinerja personil digunakan acuan daftar
yang memuat hasil ; Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3), yang
dilaksanakan sebagai usaha untuk lebih menjamin obyektivitas dalam pembinaan pegawai
atau personil berdasarkan sistem karier dan prestasi kerja.
Kinerja
pegawai di lingkungan Kantor Urusan Agama Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu
Sungai Selatan dirasa masih kurang maksimal, tidak terlepas dari ketersediaan
tenaga kerja atau sumber daya manusia yang handal, pengawasan dan serta
fasilitas yang memadai, oleh sebab itu pula diperlukan pelatihan kepemimpinan
yang baik agar target yang ditetapkan dapat tercapai. Disamping itu pula
karyawan perlu diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan yang lebih
tinggi, sehingga dapat memberikan pelayanan secara maksimal untuk dapat saling
bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi.
Bertitik
tolak dari latar belakang tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai analisis
pendidikan, motivasi dan pelatihan terhadap kinerja pegawai di lingkungan
Kantor Urusan Agama Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang tersebut di atas, maka masalah yang diangkat dalam penelitian
ini dirumuskan sebagai berikut :
1. Apakah pendidikan,
motivasi dan pelatihan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai di
lingkungan Kantor Urusan Agama Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai
Selatan ?
2. Apakah pendidikan,
motivasi dan pelatihan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di
lingkungan Kantor Urusan Agama Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai
Selatan ?
3. Diantara pendidikan,
motivasi dan pelatihan tersebut, mana yang mempunyai pengaruh paling tinggi
(dominan) terhadap kinerja pegawai di lingkungan Kantor Urusan Agama Kecamatan
Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan ?
1.3
Tujuan Penelitian
Berdasarkan
latar belakang dan masalah yang telah disebutkan di atas, maka penelitian ini
dilakukan dengan tujuan :
1. Untuk mengetahui
dan menganalisis pendidikan, motivasi dan pelatihan secara parsial berpengaruh
terhadap kinerja pegawai di lingkungan Kantor Urusan Agama Kecamatan Daha
Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
2. Untuk mengetahui
dan menganalisis pendidikan, motivasi dan pelatihan secara simultan berpengaruh
terhadap kinerja pegawai di lingkungan Kantor Urusan Agama Kecamatan Daha
Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
3. Untuk mengetahui
dan menganalisis diantara pendidikan, motivasi dan pelatihan, mana yang
mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja pegawai di lingkungan Kantor Urusan
Agama Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
1.4
Kegunaan Penelitian
Penelitian
ini diharapkan akan dapat memberikan manfaat :
1. Aspek Akademis.
Sebagai bahan
pertimbangan bagi para pengambil keputusan pada perusahaan atau organisasi yang
ada dalam upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai melalui faktor motivasi,
pendidikan dan pelatihan. Sehingga diharapkan kedepannya akan meminimalkan
permasalahan yang muncul.
2. Aspek Pengembangan Ilmu Pengetahuan.
Dapat memberikan kontribusi
akademis terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang ada khususnya berhubungan
dengan ilmu sumber daya manusia dan perilaku organisasi.
3. Aspek Praktis.
Sebagai bahan referensi bagi peneliti-peneliti
selanjutnya sebagai informasi dan bahan acuan terhadap penelitian yang akan
dilakukan dimasa yang akan datang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar