• Breaking News

    AKTIVITAS BELAJAR SISWA BERPRESTASI DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUNGAI PINANG KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN



    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.    Latar Belakang Masalah
    Pendidikan merupakan salah satu faktor yang fundamental dalam membangun bangsa, maju mundurnya suatu bangsa bergantung pada pendidikan itu sendiri. Pendidikan adalah suatu usaha yang sadar yang teratur dan sistematis, yang dilakukan oleh orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi anak agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan.[1]
    Kesadaran bangsa Indonesia akan pentingnya pendidikan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas telah menghasilkan berbagai upaya peningkatan dalam bidang pendidikan yang diatur oleh pemerintah melalui perundang-undangan. Dalam undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional dijelaskan bahwa:
    Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dalam membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.[2]


    Berdasarkan hal tersebut sangatlah wajar jika Pendidikan Agama Islam diajarkan di berbagai jenjang pendidikan, baik di sekolah-sekolah umum ataupun di Madrasah-madrasah. Pendidikan Agama Islam adalah segala usaha untuk terbentuknya atau membimbing/menuntun rohani jasmani seseorang menurut ajaran Islam.[3]
    Sedangkan menurut kurikulum 2004 sebagaimana yang dikutip oleh Abdul Rahman Shaleh dalam bukunya Pendidikan Agama dan pembangunan watak bangsa, Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami dan menghayati hingga mengimani, bertakwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya: Kitab suci Al-Qur'an dan Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman. Dibarengi tuntutan untuk menghormati penganut agama lain dalam masyarakat hingga terwujudnya kesatuan dan persatuan bangsa.[4]
    Salah satu rumpun Pendidikan Agama Islam di Indonesia adalah diajarkannya mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah. Adapun tujuan diajarkannya mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah adalah:
    1.       Agar siswa dapat mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam secara terperinci dan menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan aqli. Pengetahuan dan pemahaman tersebut diharapkan menjadi pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosialnya.
    2.       Agar siswa dapat melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar. Pengamalan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi dan sosialnya.[5]

    Sebagaimana proses belajar mengajar lainnya, keberhasilan belajar Fiqih dalam mencapai tujuan-tujuan di atas dipengaruhi oleh beberapa faktor yang banyak jenisnya, tetapi dapat digolongkan menjadi dua golongan saja, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang di luar individu yang belajar.[6]
    Faktor yang pertama disebutkan sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan belajar, karena siswa merupakan salah satu unsur utama pendidikan, berhasil tidaknya pendidikan diukur dari berhasil tidaknya siswa dalam belajar. Kebiasaan belajar siswa mempunyai peranan yang sangat penting dalam mencapai prestasi belajar tersebut. Banyak siswa yang mempunyai intelegensi tinggi namun gagal meraih prestasi yang baik dikarenakan tidak adanya kebiasaan dan aktivitas belajar yang tepat.
    Siswa yang berprestasi di sekolah, kemungkinan besar telah menerapkan kebiasaan dan aktivitas belajar yang tepat dan baik, sehingga bisa mencapai prestasi jika dibandingkan dengan siswa yang tidak mempunyai prestasi yang baik dalam belajarnya.
    Berdasarkan hasil penjajakan awal yang penulis lakukan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, penulis menemukan bahwa sebagian  siswa mencapai hasil belajar yang cukup tinggi, sebagaimana dikemukakan di atas tentunya dipengaruhi oleh faktor-faktor belajar yang mendukung diantaranya partisipasi aktif, kebiasaan dan aktivitas yang tepat dan baik yang diterapkan para siswa tersebut dalam proses belajar mengajar.
    Bertitik tolak dari hal tersebut, maka penulis terkesan dan merasa tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah tentang kiat-kiat ataupun aktivitas belajar yang diterapkan siswa dalam belajar dalam mencapai hasil yang memuaskan tersebut, dengan mengangkat sebuah judul: "AKTIVITAS BELAJAR SISWA BERPRESTASI DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUNGAI PINANG KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN".

    B.     Penegasan Judul
    Untuk menghindari kesalah pahaman terhadap istilah yang digunakan dalam judul skripsi di atas, maka penulis merasa perlu menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan judul tersebut adalah :
    1.      Aktivitas belajar
    Aktivitas adalah keaktifan, kegiatan dan kesibukan.[7] Sedangkan belajar adalah  suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.[8] Yang dimaksud dengan aktivitas belajar di sini adalah segala keaktifan, kegiatan maupun kesibukan yang dilakukan oleh siswa dalam rangka belajar pada suatu proses belajar untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan ke arah yang lebih baik.
    2.      Siswa yang berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih
    Yang dimaksud dengan siswa yang berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih pada skripsi ini adalah siswa yang mencapai nilai memuaskan dalam mata pelajaran Fiqih yaitu para siswa mencapai nilai minimal 80, hal ini dilihat dari nilai rapor siswa pada semester I tahun pelajaran 2007/2008.
    Dari beberapa definisi yang telah dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud judul secara keseluruhan adalah penelitian terhadap segala keaktifan, kegiatan maupun kesibukan yang dilakukan oleh siswa dalam rangka belajar Fiqih di sekolah maupun di rumah yang dilakukan oleh siswa yang berprestasi yaitu siswa yang memperoleh nilai minimal 80 dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun pelajaran 2007/2008.

    C.    Perumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka masalah pokok dalam penelitian ini adalah :
    1.      Bagaimanakah aktivitas belajar siswa yang berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan?
    2.      Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa yang berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan?

    D.    Alasan Memilih Judul
    Adapun yang alasan mendorong penulis sehingga memilih judul tersebut :
    1.      Mengingat aktivitas belajar merupakan faktor yang sangat menentukan hasil belajar. Tinggi rendahnya prestasi tergantung aktivitas siswa dalam belajar.
    2.      Mengingat mata pelajaran Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran yang vital dan menjadi ciri khas lembaga pendidikan madrasah.
    3.      Hasil belajar Fiqih bagus dan menonjol pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini, tentu ada aktivitas tertentu yang diterapkan oleh siswa dalam mencapainya.

    E.     Tujuan Penulisan
    Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
    1.       Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa yang berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
    2.       Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa yang berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

    F.     Signifikansi Penulisan
    Dari hasil penelitian diharapkan dapat :
    1.       Aktivitas belajar yang baik dapat diterapkan di setiap mata pelajaran, tidak hanya pada mata pelajaran Fiqih ini, oleh tiap individu yang belajar pada tiap jenjang pendidikan.
    2.       Sebagai bahan informasi dan masukan bagi seluruh siswa dan guru maupun semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
    3.       Sebagai bahan penambah ilmu pengetahuan bagi penulis khususnya tentang aktifitas belajar yang baik dalam proses belajar.
    4.       Penambah khazanah perbendaharaan perpustakaan STAI Darul Ulum Kandangan.


    G.    Sistematika Penulisan
    Penyusunan Skripsi ini terdiri dari lima bab yaitu :
    BAB I: Pendahuluan, yang berisikan tentang latar belakang masalah, penegasan judul, perumusan masalah, alasan memilih judul, tujuan penelitian, signifikansi penelitian dan sistematika penulisan.
    BAB II: Landasan teori, yang berisikan pengertian belajar dan aktivitas belajar, hubungan aktivitas belajar dan prestasi belajar fiqih, aktivitas belajar yang menunjang prestasi belajar fiqih siswa, tujuan belajar fiqih, dan faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa.
    BAB III: Metode penelitian yang berisikan tentang subjek dan objek penelitian, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, teknik pengolahan dan analisis data serta prosedur penelitian.
    BAB IV: Laporan hasil penelitian yang berisikan tentang gambaran umum lokasi penelitian, penyajian data dan analisis data.
    BAB V: Penutup yang berisikan tentang kesimpulan dan saran-saran.


    [1] Amir Dien  Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, tth.), h. 27.
    [2]Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Dinas Pendidikan Nasional, 2003), h. 6.
    [3] Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991), cet. pertama, h. 110.
    [4] Abdul Rahman Shaleh, Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006), h. 38.
    [5] Departemen Agama Islam, Kurikulum dan Hasil Belajar Fiqih Madrasah Ibtidaiyah, (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003), h. hal 3.
    [6] Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), cet. ke empat, h. 54.
    [7] Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka,1990), h. 17.
    [8] Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), h. 13.



    BAB III
    METODE PENELITIAN


    A.     Subjek dan Objek Penelitian
    1.  Subjek Penelitian
    Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-VI yang berprestasi tinggi dalam mata pelajaran Fiqih dengan nilai minimal 80 yang dilihat dari nilai rapor siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2007/2008 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang berjumlah 45 orang.
    TABEL
    2.  Objek Penelitian
    Adapun yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.







    B.     Data dan Sumber Data
    1.       Data
    Data yang akan digali dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu data pokok dan data penunjang.
    a.       Data pokok
    1)       Data yang berkenaan dengan aktivitas belajar siswa berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yang meliputi aktivitas belajar di sekolah, dan aktivitas belajar di rumah.
    a)      Aktivitas belajar di sekolah
    (1)   Mengikuti pelajaran Fiqih
    (2)   Ketepatan hadir
    (3)   Keaktifan bertanya
    (4)   Kebiasaan mencatat pelajaran
    (5)   Kebiasaan mengerjakan tugas yang diberikan
    (6)   Pemanfaatan waktu kosong
    b)      Aktivitas belajar di rumah
    (1)   Kelengkapan catatan pelajaran dan alat tulis
    (2)   Kebiasaan mengontrol kembali
    (3)   Keteraturan belajar siswa di rumah
    (4)   Pembuatan jadwal belajar dan pelaksanaannya


    2)       Data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
    a)      faktor siswa
    (1)   faktor minat
    (2)   faktor motivasi
    (3)   faktor pendidikan tambahan
    b)      faktor fasilitas, yaitu kelengkapan buku siswa
    c)      faktor lingkungan, yaitu kondusif tidaknya lingkungan terhadap mata pelajaran Fiqih
    b.       Data penunjang
    Data tentang gambaran umum lokasi penelitian, yang meliputi:
    1)      Sejarah singkat berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
    2)      Data tentang keadaan sekolah, siswa, tenaga pengajar, staf  administrasi dan sarana penunjang mata pelajaran Fiqih.
    2.       Sumber Data
    Untuk memperoleh data-data tersebut, maka penulis menggali data melalui :
    a.       Responden, yaitu seluruh siswa berprestasi pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
    b.       Informan, yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran Fiqih dan staf tata usaha.
    c.       Dokumen, yaitu seluruh dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini.

    C.     Teknik Pengumpulan Data
    Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah :
    1.      Angket
    Teknik ini digunakan untuk menggali data tentang aktivitas belajar siswa berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
    2.  Observasi
    Teknik ini digunakan untuk mengadakan pengamatan langsung terhadap data yang akan digali guna mendapatkan data yang lebih kongkrit. Teknik ini juga digunakan untuk mengamati keadaan lokasi penelitian yang menyangkut sarana dan prasarana serta kondusif tidaknya lingkungan sekolah.

    3.      Wawancara
    Teknik ini merupakan tanya jawab/dialog langsung dengan informan untuk menggali data tentang cara siswa mengikuti pelajaran Fiqih di sekolah.  Teknik juga digunakan untuk mendapatkan data tentang sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
    4.      Dokumenter
    Teknik ini digunakan untuk menggali data yang berbentuk dokumen. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan data tentang indeks prestasi siswa dalam mata pelajaran Fiqih dan data tentang gambaran umum lokasi penelitian.











    Untuk lebih jelasnya mengenai data, sumber data dan teknik pengumpulan data tersebut dapat dilihat pada matriks ini :
    MATRIKS
    No
    Data
    Sumber Data
    Teknik Pengumpulan Data
    1





































    2



















    3







    Data yang berkenaan dengan aktivitas belajar siswa berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yang meliputi aktivitas belajar di sekolah, dan aktivitas belajar di rumah.
    a.    Aktivitas belajar di sekolah
    1)      Mengikuti pelajaran Fiqih
    2)      Ketepatan hadir
    3)      Keaktifan bertanya
    4)      Kebiasaan mencatat pelajaran
    5)      Kebiasaan mengerjakan tugas yang diberikan
    6)      Pemanfaatan waktu kosong
    b.    Aktivitas belajar di rumah
    1)      Kelengkapan catatan pelajaran dan alat tulis
    2)      Kebiasaan mengontrol kembali
    3)      Keteraturan belajar siswa di rumah
    4)      Pembuatan jadwal belajar dan pelaksanaannya


    Data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi aktifitas belajar siswa berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
    a.       faktor siswa
    (1)   faktor minat
    (2)   faktor motif
    (3)   faktor pendidikan tambahan
    b.      faktor fasilitas


    c.       faktor lingkungan


    Data tentang gambaran umum lokasi penelitian, yang meliputi:
    a.       Sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
    b.      Data tentang keadaan sekolah, siswa, tenaga pengajar dan administrasi dan sarana penunjang mata pelajaran Fiqih














    Responden, Informan

    Responden
    Responden
    Responden

    Responden


    Responden



    Responden


    Responden

    Responden

    Responden














    Responden
    Responden
    Responden

    Responden, Informan


    Responden, Informan





    Informan dan dokumen




    Informan dan dokumen













    Angket& Wawancara
    Angket
    Angket
    Angket

    Angket


    Angket



    Angket


    Angket

    Angket

    Angket














    Angket
    Angket
    Angket

    Angket, Observasi& Wawancara
    Angket, Observasi& Wawancara



    Wawancara&
    Dokumenter




    Wawancara&
    Dokumenter



    D.     Teknik Pengolahan Data dan Analisis Data
    1.       Teknik Pengolahan Data
    Setelah data digali dan terkumpul maka langkah berikutnya dalam penelitian ini adalah mengolah data ini, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu :
    a.       Editing
    Pada tahap ini penulis mengadakan pengecekan kembali terhadap data yang telah terkumpul, untuk mengetahui apakah jawaban yang terkumpul sudah memenuhi apa yang diharapkan atau belum.
    b.       Koding
    Kegiatan ini dilakukan setelah diadakan pengecekan terhadap data yang terkumpul, kemudian penulis mengklasifikasikan data tersebut sesuai dengan jenisnya.
    c.       Tabulasi
    Semua data yang telah terkumpul kemudian dimasukkan ke dalam tabel, untuk memudahkan interpretasi maka setiap data, angka relatif digunakan dengan menggunakan rumus :
    F
    ----- x 100 = p
    N

    Keterangan :
    F = Frekuensi
    N= Jumlah jawaban responden sesuai dengan kelompok jawaban
    P = Prosentasi
    d.      Interpretasi data
    Teknik ini digunakan untuk memberikan interpretasi terhadap data dengan kategori sebagai berikut :
    00% - < 20 % = rendah sekali
    20% - < 40% = rendah
    40% - < 60% = sedang
    60% - < 80% = tinggi
    80% -  100% = tinggi sekali
    2.       Analisis Data
    Setelah mengolah data dan disajikan dalam bentuk penjelasan maka selanjutnya adalah menganalisa data tersebut, sehingga menjadi seperangkat data yang dapat menggambarkan secara obyektif tentang aktivitas belajar siswa berprestasi dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
    Analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan mengolah kesimpulan melalui metode induktif, yaitu dari khusus menuju kesimpulan umum terhadap subjek penelitian secara khusus.

    E.     Prosedur Penelitian
    Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan melalui beberapa tahapan:
    1.       Tahap Pendahuluan
    a.       Melakukan penjajakan awal ke lokasi penelitian
    b.       Membuat desain proposal
    c.       Mengajukan desain proposal kepada dosen pembimbing untuk diadakan koreksi
    d.      Mengajukan proposal penelitian ke Biro skripsi dan mohon persetujuan judul
    2.       Tahap Persiapan
    a.       Melaksanakan seminar terhadap desain proposal yang telah disetujui
    b.       Membuat daftar pedoman wawancara
    c.       Memohon surat riset kepada STAI Darul Ulum Kandangan Untuk disampaikan pada pihak yang bersangkutan.
    3.       Tahap Pelaksanaan
    a.       Mengadakan Observasi
    b.       Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data dengan teknik yang telah ditentukan
    4.       Tahap Penyusunan Laporan
    a.       Menyusun laporan penelitian
    b.       Berkonsultasi dengan pembimbing sekaligus minta persetujuan
    c.       Memperbanyak laporan penelitian dan selanjutnya dibawa ke sidang munaqasyah.







     

    Tidak ada komentar:

    Makalah

    Skripsi

    Tesis