PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
BAHASA ARAB
DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI
HABIRAU TENGAH
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan
suatu program dan kerja terpenting dalam kehidupan manusia. Karena dengan
pendidikan dapat membentuk manusia yang berpengetahuan, berkepribadian dan
memiliki keterampilan. Pendidikan pada hakekatnya merupakan usaha sadar untuk mengembangkan
kepribadian dan kemampuan manusia ke arah yang lebih positif. Karena melalui
pendidikan seseorang dapat menggali ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya
sehingga mampu berperan aktif di tengah-tengah kehidupan.
Bangsa yang berperadaban tinggi akan membuat kemajuan
bagi negaranya. Pendidikan merupakan syarat mutlak untuk mencapai kemajuan
dalam suatu bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa dan negara tergantung kepada
maju tidaknya pendidikan pada bangsa itu sendiri.
Untuk itu pendidikan dilakukan sebagai suatu usaha
untuk perkembangan pribadi dan kemajuan manusia sesuai dengan tuntutan
masyarakat. Hal ini sesuai dengan rumusan tujuan pendidikan nasional yaitu : "Bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab".[1]
Untuk mencapai tujuan
tersebut, maka peningkatan mutu pendidikan adalah merupakan usaha yang sangat
penting. Hal ini bisa dilihat dari adanya pembaharuan di dalam kurikulum,
peningkatan kualitas guru, pengadaan buku-buku pengajaran dan pengadaan sarana
dan fasilitas belajar.
Guru merupakan orang yang sangat penting dan berperan
baik sebagai pengajar maupun sebagai fasilitator. Oleh karena itu, harusnya
mempunyai kemampuan dengan apa yang akan disampaikannya, serta mengetahui
alat-alat yang akan mempermudah pembelajaran dan mampu menggunakannya sesuai
dengan kemampuan teknologi modern.
Pekerjaan guru adalah pekerjaan profesional. Karena itu
diperlukan kemampuan dalam memilih, menggunakan atau memanfaatkan media
pembelajaran. Sehingga memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara guru
dengan siswa bahkan dengan lingkungannya. Pada dasarnya guru yang mempunyai
keahlian, tentu akan lebih jauh berbeda dengan guru yang tidak memiliki
keahlian. Dalam Al-Qur’an Surah Az-Zumar ayat 9, Allah SWT berfirman :
ô`¨Br& uqèd
ìMÏZ»s% uä!$tR#uä È@ø©9$#
#YÉ`$y
$VJͬ!$s%ur âxøts
notÅzFy$#
(#qã_ötur spuH÷qu
¾ÏmÎn/u
3 ö@è%
ö@yd
ÈqtGó¡o tûïÏ%©!$# tbqçHs>ôèt tûïÏ%©!$#ur w
tbqßJn=ôèt 3 $yJ¯RÎ)
ã©.xtGt
(#qä9'ré& É=»t7ø9F{$# ÇÒÈ
Dari ayat di atas dapat diambil pelajaran bahwa
tidaklah sama orang yang memiliki ilmu pengetahuan dengan orang yang tidak
memiliki ilmu pengetahuan. Sebab orang yang memiliki ilmu pengetahuan tentu
akan lebih mudah dalam mempraktekkannya dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai
pengetahuan. Khususnya dalam menggunakan media pembelajaran yang sangat penting
ini.
Dalam dunia pendidikan modern sekarang ini fungsi guru
sebagai penyampai pesan tampaknya perlu dibantu dengan media pembelajaran agar
proses pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien. Hal ini disebabkan
antara lain makin majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebagai fasilitator, guru sangat berperan penting
dalam memilih dan memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan kemajuan
teknologi modern. Seperti halnya sekolah-sekolah yang sudah maju menggunakan
berbagai jenis media pembelajaran seperti menggunakan komputer dan lain-lain.
Penggunaan media pembelajaran sangat membantu guru
dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada murid-murid dan juga membantu
murid dalam belajar.
Menurut Kemp dan Dayton yang dikutip oleh Aristo Rahadi, mengemukakan
bahwa manfaat media dalam pembelajaran adalah penyampaian materi pembelajaran
dapat diseragamkan, pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, pembelajaran
lebih interaktif, efisiensi waktu dan tenaga, meningkatkan kualitas hasil
belajar siswa, media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana dan
kapan saja, media dapat menumbuhkan sifat positif siswa terhadap materi dan
proses belajar serta merubah peran guru ke arah yang lebih positif dan
produktif.[2]
Mengingat pentingnya media dalam pembelajaran maka
media pembelajaran sudah seharusnya digunakan dalam proses belajar mengajar.
Begitu pula dalam pembelajaran bahasa Arab yang cukup luas dan beragam, maka
sangat diperlukan media pembelajaran digunakan dalam proses belajar mengajar.
Berdasarkan penelitian awal tentang penggunaan media
pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah terlihat hanya
menggunakan media papan tulis dan buku pelajaran bahasa Arab saja.
Atas dasar inilah penulis tertarik mengadakan
penelitian ilmiah ke dalam sebuah skripsi yang berjudul “PENGGUNAAN MEDIA
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI HABIRAU TENGAH”.
B. Penegasan Judul
Untuk
menghindari kesalah pahaman terhadap istilah yang digunakan dalam judul skripsi
di atas, maka penulis merasa perlu menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan judul
tersebut adalah:
1.
Penggunaan adalah "hal
(perbuatan dan sebagainya) mempergunakan sesuatu".[3]
Yang dimaksud dengan kata penggunaan di sini adalah pemakaian media
pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
2.
Media pembelajaran adalah "media
yang digunakan sebagai alat bantu mengajar agar dapat mempertinggi proses
belajar siswa dalam pengajaran yang nantinya akan diharapkan dapat mempertinggi
atau meningkatkan hasil belajar yang dicapainya".[4]
Yang dimaksud media pembelajaran di sini adalah alat-alat yang ada di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah yang digunakan oleh guru dalam mempermudah
proses pembelajaran di sekolah tersebut.
Dari
beberapa definisi yang telah dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa
yang dimaksud judul secara keseluruhan adalah penelitian terhadap penggunaan
media pembelajaran bahasa Arab serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
C.
Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka masalah pokok dalam penelitian ini adalah:
1.
Media apa saja yang digunakan
dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah?
2.
Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Habirau Tengah?
D. Alasan Memilih Judul
Adapun yang mendasari penulis sehingga memilih judul tersebut:
1.
Media pembelajaran bahasa Arab adalah
bagian yang sangat penting dari proses belajar mengajar bahasa Arab dan turut
menentukan berhasilnya proses pendidikan dan usaha pengajaran sekolah.
2.
Mengingat guru bukan hanya sebagai
pengajar, tetapi juga mempunyai fungsi ganda sebagai mediator, karena itu ia
dituntut untuk mempunyai kemampuan terutama dalam penggunaan media
pembelajaran.
3.
Mata pelajaran bahasa Arab merupakan
salah satu mata pelajaran ciri khas pendidikan di madrasah ibtidaiyah,
keberhasilan proses belajar mengajar bahasa Arab merupakan salah satu bentuk
keberhasilan pendidikan di madrasah ibtidaiyah. Tentunya hal ini didukung oleh
berbagai faktor, diantaranya adalah penggunaan media pembelajaran bahasa Arab
yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar bahasa Arab.
E. Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.
Untuk mengetahui media yang
digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau
Tengah.
2.
Untuk mengetahui faktor-faktor
yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Habirau Tengah.
F. Signifikansi Penelitian
Dari hasil penelitian diharapkan dapat:
1.
Bahan informasi bagi guru bahasa Arab
tentang penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Habirau Tengah dan bagi guru pada
umumnya.
2.
Menambah ilmu pengetahuan bagi
penulis, khususnya tentang media pembelajaran bahasa Arab.
3.
Menambah khazanah perbendaharaan
perpustakaan STAI Darul Ulum Kandangan dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau
Tengah.
G. Sistematika Penulisan
Penyusunan skripsi ini terdiri dari lima
bab yaitu:
BAB I Pendahuluan,
yang berisikan tentang latar belakang masalah, penegasan judul, perumusan
masalah, alasan memilih judul, tujuan penelitian, signifikansi penelitian dan
sistematika penulisan.
BAB II Penggunaan media pembelajaran bahasa Arab, yang
berisikan tentang pengertian media pembelajaran bahasa Arab, kriteria pemilihan
media pembelajaran bahasa Arab, manfaat media pembelajaran bahasa Arab dan
faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran bahasa Arab.
BAB III Metode penelitian yang berisikan tentang
subjek dan objek penelitian, data dan sumber data, teknik pengumpulan data,
teknik pengolahan dan analisis data serta prosedur penelitian.
BAB IV Laporan hasil penelitian yang berisikan tentang
gambaran umum lokasi penelitian, penyajian data dan analisis data.
BAB V Penutup yang berisikan kesimpulan dan
saran-saran.
H. Subjek dan
Objek Penelitian
1. Subjek
Penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar
bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah yang berjumlah 1
orang.
2. Objek Penelitian
Adapun yang dijadikan objek penelitian ini adalah
media yang digunakan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Habirau Tengah dan faktor-faktor
yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah tersebut.
I. Data dan Sumber
Data
1.
Data
Data yang akan digali dalam penelitian ini ada dua
macam, yaitu data pokok dan data penunjang.
a.
Data pokok
1.
Data yang berkenaan dengan media yang
digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau
Tengah.
2.
Data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Habirau Tengah.
b.
Data penunjang
1.
Sejarah berdirinya Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
2.
Data tentang sarana penunjang
pembelajaran bahasa Arab.
3.
Data tentang tenaga pengajar dan
administrasi.
4.
Data tentang siswa dan kegiatan
intra dan ekstra kurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
2.
Sumber Data
Untuk memperoleh data-data tersebut, maka penulis
menggali data melalui:
a.
Responden, yaitu guru pengajar bahasa
Arab Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
b.
Informan, yaitu kepala sekolah,
koordinator bidang sarana dan prasarana.
c.
Dokumenter yaitu seluruh dokumen
yang berkaitan dengan penelitian ini.
J. Teknik
Pengumpulan Data
Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan
dalam penelitian ini adalah:
1.
Observasi
Teknik ini digunakan untuk mengadakan pengamatan langsung
terhadap data yang akan digali guna mendapatkan data yang lebih kongkrit.
Teknik ini juga digunakan untuk mengamati keadaan lokasi penelitian yang
menyangkut sarana dan prasarana.
2.
Wawancara
Teknik ini penulis gunakan untuk menggali tentang
penggunaan media pembelajaran bahasa Arab dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya melalui tanya jawab dengan responden dan informan sesuai dengan
data yang ingin digali.
3.
Dokumenter
Teknik ini digunakan untuk menggali data yang
berbentuk dokumen mengenai gambaran umum lokasi penelitian.
Untuk lebih jelasnya mengenai data, sumber data dan
teknik pengumpulan data tersebut dapat dilihat pada matriks ini:
MATRIKS
No
|
Data
|
Sumber Data
|
Teknik Pengumpulan
Data
|
1
2
3
|
Data yang berkenaan dengan
media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab dan cara menggunakannya
di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
Data tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
Gambaran umum lokasi penelitian
meliputi :
a. Sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah
b. Sarana penunjang pendidikan
c. Tenaga pengajar dan administrasi
d. Keadaan siswa
|
Guru
Guru
Kepsek, TU
Tata Usaha
Tata Usaha
Tata Usaha
|
Wawancara,
Observasi
Wawancara,
Observasi
Wawancara,
Dokumenter
Wawancara,
Dokumenter
Wawancara,
Dokumenter
Wawancara,
Dokumenter
|
K. Teknik
Pengolahan Data dan Analisis Data
1.
Teknik Pengolahan Data
Setelah
data digali dan terkumpul maka langkah berikutnya dalam penelitian ini adalah
mengolah data ini, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu:
a.
Editing
Pada tahap ini penulis mengadakan pengecekan kembali
terhadap data yang telah terkumpul, untuk mengetahui apakah jawaban yang
terkumpul sudah memenuhi apa yang diharapkan atau belum.
b.
Klasifikasi
Kegiatan
ini dilakukan setelah diadakan pengecekan terhadap data yang terkumpul,
kemudian penulis mengklasifikasikan data tersebut sesuai dengan jenisnya.
c.
Interpretasi data
Kegiatan ini dilakukan penulis dengan memberikan
penjelasan atau uraian terhadap data yang terkumpul sehingga dapat dipahami.
2.
Analisis Data
Setelah mengolah data dan disajikan dalam bentuk
penjelasan maka selanjutnya adalah penganalisaan data tersebut, sehingga
menjadi seperangkat data yang dapat menggambarkan secara objektif tentang media
yang digunakan serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan media
pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
Analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah analisis deskriptif kualitatif dengan mengolah kesimpulan melalui metode
induktif, yaitu dari khusus menuju kesimpulan umum terhadap subjek penelitian
secara khusus.
L. Prosedur
Penelitian
Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan
melalui beberapa tahapan:
1.
Tahap Pendahuluan
a.
Melakukan penjajakan awal ke
lokasi penelitian
b.
Membuat desain proposal
c.
Mengajukan desain proposal kepada
dosen pembimbing untuk diadakan koreksi
d.
Mengajukan proposal penelitian ke
Biro skripsi dan mohon persetujuan judul
2.
Tahap Persiapan
a.
Melaksanakan seminar terhadap
desain proposal yang telah disetujui
b.
Membuat daftar pedoman wawancara
c.
Memohon surat riset kepada STAI Darul Ulum Kandangan
untuk disampaikan pada pihak yang bersangkutan.
3.
Tahap Pelaksanaan
a.
Mengadakan observasi
b.
Mengumpulkan, mengolah dan
menganalisis data dengan teknik yang telah ditentukan
4.
Tahap Penyusunan Laporan
a.
Menyusun laporan penelitian
b.
Berkonsultasi dengan pembimbing
sekaligus minta persetujuan
c.
Memperbanyak laporan penelitian
dan selanjutnya dibawa ke sidang munaqasyah.
[1]
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan
Nasional, (Jakarta:
Badan Penelitian dan Pengembangan Dinas Pendidikan Nasional, 2003), h. 6.
[2]
Aristo Rahadi, Media Pembelajaran, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan
Dasar, 2004), h. 13.
[3]
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai
Pustaka, 1982), h. 333.
[4]
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002), cet.
ke-4, h. 2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar