• Breaking News

    proposal skripsi PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI HABIRAU TENGAH



    PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
    DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI
    HABIRAU TENGAH


    A.     Latar Belakang Masalah

    Pendidikan merupakan suatu program dan kerja terpenting dalam kehidupan manusia. Karena dengan pendidikan dapat membentuk manusia yang berpengetahuan, berkepribadian dan memiliki keterampilan. Pendidikan pada hakekatnya merupakan usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia ke arah yang lebih positif. Karena melalui pendidikan seseorang dapat menggali ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya sehingga mampu berperan aktif di tengah-tengah kehidupan.
    Bangsa yang berperadaban tinggi akan membuat kemajuan bagi negaranya. Pendidikan merupakan syarat mutlak untuk mencapai kemajuan dalam suatu bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa dan negara tergantung kepada maju tidaknya pendidikan pada bangsa itu sendiri.
    Untuk itu pendidikan dilakukan sebagai suatu usaha untuk perkembangan pribadi dan kemajuan manusia sesuai dengan tuntutan masyarakat. Hal ini sesuai dengan rumusan tujuan pendidikan nasional yaitu : "Bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab".[1]
    Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peningkatan mutu pendidikan adalah merupakan usaha yang sangat penting. Hal ini bisa dilihat dari adanya pembaharuan di dalam kurikulum, peningkatan kualitas guru, pengadaan buku-buku pengajaran dan pengadaan sarana dan fasilitas belajar.
    Guru merupakan orang yang sangat penting dan berperan baik sebagai pengajar maupun sebagai fasilitator. Oleh karena itu, harusnya mempunyai kemampuan dengan apa yang akan disampaikannya, serta mengetahui alat-alat yang akan mempermudah pembelajaran dan mampu menggunakannya sesuai dengan kemampuan teknologi modern.
    Pekerjaan guru adalah pekerjaan profesional. Karena itu diperlukan kemampuan dalam memilih, menggunakan atau memanfaatkan media pembelajaran. Sehingga memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara guru dengan siswa bahkan dengan lingkungannya. Pada dasarnya guru yang mempunyai keahlian, tentu akan lebih jauh berbeda dengan guru yang tidak memiliki keahlian. Dalam Al-Qur’an Surah Az-Zumar ayat 9, Allah SWT berfirman :
    ô`¨Br& uqèd ìMÏZ»s% uä!$tR#uä È@ø©9$# #YÉ`$y $VJͬ!$s%ur âxøts notÅzFy$# (#qã_ötƒur spuH÷qu ¾ÏmÎn/u 3 ö@è% ö@yd ÈqtGó¡o tûïÏ%©!$# tbqçHs>ôètƒ tûïÏ%©!$#ur Ÿw tbqßJn=ôètƒ 3 $yJ¯RÎ) ㍩.xtGtƒ (#qä9'ré& É=»t7ø9F{$# ÇÒÈ  
    Dari ayat di atas dapat diambil pelajaran bahwa tidaklah sama orang yang memiliki ilmu pengetahuan dengan orang yang tidak memiliki ilmu pengetahuan. Sebab orang yang memiliki ilmu pengetahuan tentu akan lebih mudah dalam mempraktekkannya dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai pengetahuan. Khususnya dalam menggunakan media pembelajaran yang sangat penting ini.
    Dalam dunia pendidikan modern sekarang ini fungsi guru sebagai penyampai pesan tampaknya perlu dibantu dengan media pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien. Hal ini disebabkan antara lain makin majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    Sebagai fasilitator, guru sangat berperan penting dalam memilih dan memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan kemajuan teknologi modern. Seperti halnya sekolah-sekolah yang sudah maju menggunakan berbagai jenis media pembelajaran seperti menggunakan komputer dan lain-lain.
    Penggunaan media pembelajaran sangat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada murid-murid dan juga membantu murid dalam belajar.
    Menurut Kemp dan Dayton yang dikutip oleh Aristo Rahadi, mengemukakan bahwa manfaat media dalam pembelajaran adalah penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, pembelajaran lebih interaktif, efisiensi waktu dan tenaga, meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, media dapat menumbuhkan sifat positif siswa terhadap materi dan proses belajar serta merubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.[2]

    Mengingat pentingnya media dalam pembelajaran maka media pembelajaran sudah seharusnya digunakan dalam proses belajar mengajar. Begitu pula dalam pembelajaran bahasa Arab yang cukup luas dan beragam, maka sangat diperlukan media pembelajaran digunakan dalam proses belajar mengajar.
    Berdasarkan penelitian awal tentang penggunaan media pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah terlihat hanya menggunakan media papan tulis dan buku pelajaran bahasa Arab saja.
    Atas dasar inilah penulis tertarik mengadakan penelitian ilmiah ke dalam sebuah skripsi yang berjudul “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI HABIRAU TENGAH”.

    B.  Penegasan Judul

    Untuk menghindari kesalah pahaman terhadap istilah yang digunakan dalam judul skripsi di atas, maka penulis merasa perlu menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan judul tersebut adalah:
    1.       Penggunaan adalah "hal (perbuatan dan sebagainya) mempergunakan sesuatu".[3] Yang dimaksud dengan kata penggunaan di sini adalah pemakaian media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
    2.       Media pembelajaran adalah "media yang digunakan sebagai alat bantu mengajar agar dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang nantinya akan diharapkan dapat mempertinggi atau meningkatkan hasil belajar yang dicapainya".[4] Yang dimaksud media pembelajaran di sini adalah alat-alat yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah yang digunakan oleh guru dalam mempermudah proses pembelajaran di sekolah tersebut.
    Dari beberapa definisi yang telah dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud judul secara keseluruhan adalah penelitian terhadap penggunaan media pembelajaran bahasa Arab serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    C.     Perumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka masalah pokok dalam penelitian ini adalah:
    1.       Media apa saja yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah?
    2.       Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah?

    D.     Alasan Memilih Judul

    Adapun yang mendasari penulis sehingga memilih judul tersebut:
    1.       Media pembelajaran bahasa Arab adalah bagian yang sangat penting dari proses belajar mengajar bahasa Arab dan turut menentukan berhasilnya proses pendidikan dan usaha pengajaran sekolah.
    2.       Mengingat guru bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga mempunyai fungsi ganda sebagai mediator, karena itu ia dituntut untuk mempunyai kemampuan terutama dalam penggunaan media pembelajaran.
    3.       Mata pelajaran bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran ciri khas pendidikan di madrasah ibtidaiyah, keberhasilan proses belajar mengajar bahasa Arab merupakan salah satu bentuk keberhasilan pendidikan di madrasah ibtidaiyah. Tentunya hal ini didukung oleh berbagai faktor, diantaranya adalah penggunaan media pembelajaran bahasa Arab yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar bahasa Arab.      

    E.     Tujuan Penelitian

    Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
    1.       Untuk mengetahui media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
    2.       Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.

    F.      Signifikansi Penelitian

    Dari hasil penelitian diharapkan dapat:
    1.       Bahan informasi bagi guru bahasa Arab tentang penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah  dan bagi guru pada umumnya.
    2.       Menambah ilmu pengetahuan bagi penulis, khususnya tentang media pembelajaran bahasa Arab.
    3.       Menambah khazanah perbendaharaan perpustakaan STAI Darul Ulum Kandangan dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.

    G.     Sistematika Penulisan
    Penyusunan skripsi ini terdiri dari lima bab yaitu:
    BAB I Pendahuluan, yang berisikan tentang latar belakang masalah, penegasan judul, perumusan masalah, alasan memilih judul, tujuan penelitian, signifikansi penelitian dan sistematika penulisan.
    BAB II Penggunaan media pembelajaran bahasa Arab, yang berisikan tentang pengertian media pembelajaran bahasa Arab, kriteria pemilihan media pembelajaran bahasa Arab, manfaat media pembelajaran bahasa Arab dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran bahasa Arab.
    BAB III Metode penelitian yang berisikan tentang subjek dan objek penelitian, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, teknik pengolahan dan analisis data serta prosedur penelitian.
    BAB IV Laporan hasil penelitian yang berisikan tentang gambaran umum lokasi penelitian, penyajian data dan analisis data.
    BAB V Penutup yang berisikan kesimpulan dan saran-saran.

    H.  Subjek dan Objek Penelitian
    1.  Subjek Penelitian
    Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah yang berjumlah 1 orang.
    2.  Objek Penelitian
    Adapun yang dijadikan objek penelitian ini adalah media yang digunakan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah tersebut.

    I.  Data dan Sumber Data
    1.       Data
    Data yang akan digali dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu data pokok dan data penunjang.
    a.       Data pokok
    1.        Data yang berkenaan dengan media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
    2.        Data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
    b.       Data penunjang
    1.     Sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
    2.     Data tentang sarana penunjang pembelajaran bahasa Arab.
    3.     Data tentang tenaga pengajar dan administrasi.
    4.       Data tentang siswa dan kegiatan intra dan ekstra kurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
    2.       Sumber Data
    Untuk memperoleh data-data tersebut, maka penulis menggali data melalui:
    a.       Responden, yaitu guru pengajar bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
    b.       Informan, yaitu kepala sekolah, koordinator bidang sarana dan prasarana.
    c.       Dokumenter yaitu seluruh dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini.

    J.  Teknik Pengumpulan Data
    Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah:
    1.      Observasi
    Teknik ini digunakan untuk mengadakan pengamatan langsung terhadap data yang akan digali guna mendapatkan data yang lebih kongkrit. Teknik ini juga digunakan untuk mengamati keadaan lokasi penelitian yang menyangkut sarana dan prasarana.
    2.      Wawancara
    Teknik ini penulis gunakan untuk menggali tentang penggunaan media pembelajaran bahasa Arab dan faktor-faktor yang mempengaruhinya melalui tanya jawab dengan responden dan informan sesuai dengan data yang ingin digali.
    3.      Dokumenter
    Teknik ini digunakan untuk menggali data yang berbentuk dokumen mengenai gambaran umum lokasi penelitian.
    Untuk lebih jelasnya mengenai data, sumber data dan teknik pengumpulan data tersebut dapat dilihat pada matriks ini:














    MATRIKS
    No
    Data
    Sumber Data
    Teknik Pengumpulan Data
    1






    2





    3
    Data yang berkenaan dengan media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab dan cara menggunakannya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.

    Data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.

    Gambaran umum lokasi penelitian meliputi :
    a.    Sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah
    b.   Sarana penunjang pendidikan

    c.    Tenaga pengajar dan administrasi
    d.   Keadaan siswa
    Guru






    Guru







    Kepsek, TU


    Tata Usaha

    Tata Usaha

    Tata Usaha
    Wawancara, Observasi





    Wawancara, Observasi






    Wawancara, Dokumenter

    Wawancara, Dokumenter
    Wawancara, Dokumenter
    Wawancara, Dokumenter

    K.  Teknik Pengolahan Data dan Analisis Data
    1.      Teknik Pengolahan Data
    Setelah data digali dan terkumpul maka langkah berikutnya dalam penelitian ini adalah mengolah data ini, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu:
    a.       Editing
    Pada tahap ini penulis mengadakan pengecekan kembali terhadap data yang telah terkumpul, untuk mengetahui apakah jawaban yang terkumpul sudah memenuhi apa yang diharapkan atau belum.
    b.      Klasifikasi
    Kegiatan ini dilakukan setelah diadakan pengecekan terhadap data yang terkumpul, kemudian penulis mengklasifikasikan data tersebut sesuai dengan jenisnya.
    c.       Interpretasi data
    Kegiatan ini dilakukan penulis dengan memberikan penjelasan atau uraian terhadap data yang terkumpul sehingga dapat dipahami.
    2.      Analisis Data
    Setelah mengolah data dan disajikan dalam bentuk penjelasan maka selanjutnya adalah penganalisaan data tersebut, sehingga menjadi seperangkat data yang dapat menggambarkan secara objektif tentang media yang digunakan serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah.
    Analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan mengolah kesimpulan melalui metode induktif, yaitu dari khusus menuju kesimpulan umum terhadap subjek penelitian secara khusus.

    L.  Prosedur Penelitian
    Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan melalui beberapa tahapan:
    1.      Tahap Pendahuluan
    a.       Melakukan penjajakan awal ke lokasi penelitian
    b.      Membuat desain proposal
    c.       Mengajukan desain proposal kepada dosen pembimbing untuk diadakan koreksi
    d.      Mengajukan proposal penelitian ke Biro skripsi dan mohon persetujuan judul
    2.      Tahap Persiapan
    a.       Melaksanakan seminar terhadap desain proposal yang telah disetujui
    b.      Membuat daftar pedoman wawancara
    c.       Memohon surat riset kepada STAI Darul Ulum Kandangan untuk disampaikan pada pihak yang bersangkutan.
    3.      Tahap Pelaksanaan
    a.       Mengadakan observasi
    b.      Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data dengan teknik yang telah ditentukan
    4.      Tahap Penyusunan Laporan
    a.       Menyusun laporan penelitian
    b.      Berkonsultasi dengan pembimbing sekaligus minta persetujuan
    c.       Memperbanyak laporan penelitian dan selanjutnya dibawa ke sidang munaqasyah.





    [1] Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Dinas Pendidikan Nasional, 2003), h. 6.
    [2] Aristo Rahadi, Media Pembelajaran, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, 2004), h. 13.
    [3] W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1982), h. 333.
    [4] Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002), cet. ke-4, h. 2.

    Tidak ada komentar:

    Makalah

    Skripsi

    Tesis