• Breaking News

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB KELAS II MI


           RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Madrasah                       : MIN SUNGAI PINANG
    Mata pelajaran               : BAHASA ARAB
    Kelas/Semester              : II/ I
    Materi Pembelajaran      :  الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
    Alokasi Waktu              : 4 jam Pelajaran

    A.    Kompetensi Inti
    KI 1
    :
    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
    KI 2
    :
    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
    KI 3
    :
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara  mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
    KI 4
    :
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

    B.     Kompetensi Dasar
    1.1

    1.2

    2.1


    2.2


    3.1



    3.2


    3.3



    4.1


    4.2



    4.3

    Menerima dan meyakini bahwa bahasa Arab merupakan anugerah Allah SWT.
    Menjalankan dan mengamalkan bahasa Arab sebagai wujud syukur anugerah Allah SWT
    Memotivasi rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
    Membiasakan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri dalam berinteraksi menggunakan bahasa arab dengan keluarga, teman, dan guru
    Mengenal bunyi mufradat terkait topik:
    أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ
    baik secara lisan maupun tertulis
    Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
    أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ
    Mengenal ujaran kata (mufradāt) terkait topik:
    أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ

    Menirukan bunyi mufradat terkait topik:  
    أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ
    Menghafalkan  makna  dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
    أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ
    Membaca ujaran kata (mufradat) terkait topik:
    أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ

    C.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
    3.1.1   Menyebutkan huruf  hijaiyah terkait topik الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
    3.1.2   Menyebutkan mufrodat  tentang الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
    3.2.1   Menyebutkan arti mufrodat tentang الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
    3.3.1   Menyebutkan  bunyi kata (mufradāt) terkait topic الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
    4.1.1        Menirukan guru menyebutkan mufrodat tentang الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
    4.1.2        Mengulang kembali secara individu dari mufrodat tema/topik terkait الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
    4.2.1 Memaparkan mufrodat terkait topik الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
    4.2.2 Menghafalkan mufrodat terkait topik الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
    4.3.1 Melafalkan kosa kata baru (mufradat) terkait topic الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ


    D.    Materi Pokok
    Huruf hijaiyah, mufradat dan ujaran kata tentang الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ

    E.     Kegiatan Pembelajaran
    1.      Pendahuluan/appersepsi
    a.       Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
    b.      Guru membiasakan mengajak peserta didik membuka pelajaran dengan Bahasa Arab berupa ucapan basmalah :                       هَيَّابِنَا نَفْتَتِحُ دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ البَسْمَلَةِ
    c.       Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian ,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
    d.      Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
    e.       Untuk pembiasaan ciri khas pelajaran bahasa Arab, guru mengawali pelajaran dengan ungkapan “Darsuna al-Aan, Al-Lughotu Al-Arobiyah” درسنا الأن، اللغة العربية
    f.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
    g.      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
    h.      Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
    2.      Kegiatan Inti
    a.         Guru  meminta peserta didik mengamati gambar
    b.         Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut
    c.        Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut
    d.       Guru membacakan kosakata. Terlebih dahulu guru mengarahkan peserta didik untuk memperhatikan kosakata yang tersedia, lalu mulai membaca dengan mengatakan ! استمع جيدا, Guru membaca kosakata, ungkapan demi ungkapan sementara peserta didik terus memperhatikan materi pelajaran.
    e.        Membaca dan menirukan. Guru membaca kosakata, lalu memberi aba-aba kepada peserta didik untuk menirukan, maka semuanya mengulangi bacaan guru. Demikian seterusnya sampai kosakata terakhir.
    f.         Membaca perindividu dengan suara keras dan jelas. Guru meminta beberapa siswa  satu persatu untuk membaca kosakata dengan mengatakan  (أنت يا ... اقرأ هذه المفردات ), demikian seterusnya kepada beberapa peserta didik lainnya.
    g.        Menjelaskan arti kata. Guru menjelaskan arti tiap kosakata dengan memberikan contoh fisik, seperti gambar, atau benda-benda sekitar, atau alat peraga yang telah disiapkan. Dan untuk memastikan bahwa peserta didik telah paham, dapat dilakukan terjemah.

    3.      Penutup
    a. Peserta didik menyimpulkan isi bacaan
    b. Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas menulis kosa kata baru pada kartu untuk di hafal.
    c. Guru membiasakan mengajak siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dipandu dalam bahasa Arab :        
                         هَيَابِنَا نَخْتَتِمُ دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ الْحَمْدَلَةِ

    F.   Penilaian
          1. Teknik Penilaian
    a. Lembar Penilaian Tugas
    No
    Nama Peserta didik
    Perilaku yang diamati
    Kelancaran
    Intonasi
    Pemahaman
    1




    2




    Dst





    b. Lembar Pengamatan Sikap
    Tema:                                         Hari/tanggal :

    No
    Nama Peserta didik
    Perilaku yang diamati
    A
    B
    C
    1




    2




    Dst




               
    Keterangan :
    Kemampuan yang dikembangkan :                  Kriteria Penilaian
    A : Percaya Diri                                                3 : Membudaya
    B : Disiplin                                                       2 : Berkembang
    C : Bekerjasama                                                1 : Belum terlihat
    c. Penilaian diri
    Tema/Sub Tema      :                                        Hari/tanggal : 
    Nama Peserta didik :                                        Kelas            :
    No
    Pernyataan
    Alternatif
    Ya
    Tidak
    1.

    Saya berusaha meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME agar mendapat ridho-Nya dalam belajar


    2.
    Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


    3.
    Saya optimis bisa meraih prestasi


    4.
    Saya bekerja keras untuk meraih cita-cita


    5.
    Saya berperan aktif dalam kegiatan sosial di sekolah dan masyarakat


    6.
    Saya suka membahas masalah politik, hukum dan pemerintahan


    7.
    Saya berusaha mematuhi segala peraturan yang berlaku


    8.
    Saya berusaha membela kebenaran dan keadilan


    9.
    Saya rela berkorban demi kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara


    10.
    Saya berusaha menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab








    Petunjuk penilaian :
    Setiap jawaban ya diberi skor 1; tidak skor 0
    Kategori hasil penilaian
    Baik      : jika jumlah skor  8 – 10
    Sedang  : jika jumlah skor  6 – 7
    Kurang  : jika jumlah skor  1- 5
    d. Penilaian antarpeserta didik
    Menilai cerita pengalaman teman
    Simaklah dengan baik cerita dari setiap anggota kelompok. Isilah format berikut ini sesuai dengan pendapatmu  dengan memberikan tanda cek (ü) pada kolom .

    Nama Peserta Didik (penilai) : ________________________
    No
    Yang bercerita
    Suara
    Gaya
    Isi
    Jelas
    tidak
    menarik
    tidak
    berkesan
    Tidak
    1







    2







    Dst









    Temukan yang terbaik.Beri tanda K di samping namanya.
    Keterangan :
    ·               Jumlah penilai 5 orang
    ·               Tanda cek pada kolom:  jelas, menarik, berkesan masing-masing           diberi skor 1; tidak skor 0
    ·               Skor peserta didik = jumlah perolehan skor dari semua penilai
    ·               Kategori hasil penilaian
    Skor maksimal 15
    Baik        : jika jumlah skor  11 – 15
    Sedang   : jika jumlah skor  6 – 10
    Kurang   : jika jumlah skor  1 -  5

    2.  Remidial dan Pengaayaan
    Guru memberikan remedial kepada peserta didik jika belum mencapai ketuntasan sebagaimana pada Kriteria ketuntasan tersebut di atas. Materi remedial diberikan hanya aspek yang tidak tuntas saja. Guru memberikan pengayaan kepada peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada semua aspek penilaian



    G.   Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
    1.    Media/alat
    Papan Tulis, LCD, Gambar, Kartu
    2.    Bahan dan Sumber Belajar
    a.       Buku Panduan Guru, Mapel Bahasa Arab MI, Kelas 2, Kementerian Agama RI, 2014
    b.      Buku Pegangan Siswa, Mapel Bahasa Arab MI, Kelas 2, Kementerian Agama RI, 2014
    c.       Kamus Bahasa Arab
    d.      Akses Internet
    e.       Lingkungan yang mendukung










    Sungai Pinang,    Juli 2015
    Mengetahui,
    Kepala Madrasah



    Drs. H. Mastur
    NIP.19650613 199203 1 004



    Guru Mata Pelajaran



    Dra. Hj. Halimah
    NIP. 19651231 199803 1 017



    Tidak ada komentar:

    Makalah

    Skripsi

    Tesis