RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Madrasah :
MIN SUNGAI PINANG
Mata pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester : II/
I
Materi Pembelajaran : الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
Alokasi Waktu : 4
jam Pelajaran
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
1.2
2.1
2.2
3.1
3.2
3.3
4.1
4.2
4.3
|
Menerima dan meyakini bahwa bahasa Arab
merupakan anugerah Allah SWT.
Menjalankan dan mengamalkan
bahasa Arab sebagai wujud syukur anugerah Allah SWT
Memotivasi
rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa arab
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
Membiasakan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan percaya diri dalam berinteraksi menggunakan bahasa arab
dengan keluarga, teman, dan guru
Mengenal bunyi mufradat terkait topik:
أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ
baik secara lisan maupun tertulis
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)
terkait topik:
أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ
Mengenal ujaran kata (mufradāt) terkait topik:
أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ
Menirukan
bunyi mufradat terkait topik:
أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ
Menghafalkan makna
dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ
Membaca ujaran kata (mufradat) terkait topik:
أَفْرَادُ الْمَدْرَسَةِ
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
3.1.1 Menyebutkan huruf hijaiyah terkait topik الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
3.1.2 Menyebutkan mufrodat tentang
الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
3.2.1
Menyebutkan
arti mufrodat tentang الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
3.3.1
Menyebutkan bunyi kata (mufradāt)
terkait topic الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
4.1.1
Menirukan guru menyebutkan mufrodat tentang الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
4.1.2
Mengulang kembali secara individu dari
mufrodat tema/topik terkait الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
4.2.1
Memaparkan mufrodat terkait topik الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
4.2.2
Menghafalkan mufrodat terkait topik الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
4.3.1 Melafalkan kosa kata baru
(mufradat) terkait topic الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
D.
Materi
Pokok
Huruf hijaiyah, mufradat dan ujaran
kata tentang الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan/appersepsi
a. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b. Guru membiasakan mengajak peserta didik membuka
pelajaran dengan Bahasa Arab berupa ucapan basmalah : هَيَّابِنَا نَفْتَتِحُ دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ البَسْمَلَةِ
c. Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian ,posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
d. Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada
peserta didik.
e. Untuk pembiasaan ciri khas pelajaran bahasa Arab, guru mengawali
pelajaran dengan ungkapan “Darsuna al-Aan, Al-Lughotu Al-Arobiyah” درسنا الأن، اللغة العربية
f. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
g. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif pengalaman peserta
didik dan dikaitkan dengan tema الْمَدْرَسَةِ أَفْرَادُ
h. Media/alat peraga/alat
bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis,
kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media
lainnya.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Guru meminta peserta didik mengamati
gambar
b.
Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut
c.
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik
tentang isi gambar tersebut
d.
Guru
membacakan kosakata. Terlebih dahulu guru mengarahkan peserta didik untuk
memperhatikan kosakata yang tersedia, lalu mulai membaca dengan mengatakan !
استمع جيدا, Guru
membaca kosakata, ungkapan demi ungkapan sementara peserta didik terus
memperhatikan materi pelajaran.
e.
Membaca
dan menirukan. Guru membaca kosakata, lalu memberi aba-aba kepada peserta didik
untuk menirukan, maka semuanya mengulangi bacaan guru. Demikian seterusnya
sampai kosakata terakhir.
f.
Membaca
perindividu dengan suara keras dan jelas. Guru meminta beberapa siswa satu persatu untuk membaca kosakata dengan
mengatakan (أنت يا ... اقرأ هذه المفردات ), demikian seterusnya kepada beberapa peserta
didik lainnya.
g.
Menjelaskan
arti kata. Guru menjelaskan arti tiap kosakata dengan memberikan contoh fisik,
seperti gambar, atau benda-benda sekitar, atau alat peraga yang telah
disiapkan. Dan untuk memastikan bahwa peserta didik telah paham, dapat dilakukan
terjemah.
3.
Penutup
a. Peserta didik menyimpulkan isi
bacaan
b. Guru
memberikan penguatan melalui pemberian tugas menulis kosa kata baru pada kartu
untuk di hafal.
c. Guru
membiasakan mengajak siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dipandu
dalam bahasa Arab :
هَيَابِنَا نَخْتَتِمُ دَرْسَنَا
بِقِرَاءَةِ الْحَمْدَلَةِ
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Lembar Penilaian Tugas
No
|
Nama
Peserta didik
|
Perilaku
yang diamati
|
||
Kelancaran
|
Intonasi
|
Pemahaman
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
b. Lembar Pengamatan Sikap
Tema: Hari/tanggal
:
No
|
Nama
Peserta didik
|
Perilaku
yang diamati
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kemampuan yang
dikembangkan : Kriteria
Penilaian
A : Percaya
Diri 3
: Membudaya
B : Disiplin 2
: Berkembang
C : Bekerjasama 1
: Belum terlihat
c. Penilaian diri
Tema/Sub
Tema : Hari/tanggal :
Nama
Peserta didik : Kelas :
No
|
Pernyataan
|
Alternatif
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Saya berusaha meningkatkan keimanan dan
ketaqwaan kepada Tuhan YME agar mendapat ridho-Nya dalam belajar
|
|
|
2.
|
Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh
|
|
|
3.
|
Saya optimis bisa meraih prestasi
|
|
|
4.
|
Saya bekerja keras untuk meraih cita-cita
|
|
|
5.
|
Saya berperan aktif dalam kegiatan sosial di
sekolah dan masyarakat
|
|
|
6.
|
Saya suka membahas masalah politik, hukum dan
pemerintahan
|
|
|
7.
|
Saya berusaha mematuhi segala peraturan yang
berlaku
|
|
|
8.
|
Saya berusaha membela kebenaran dan keadilan
|
|
|
9.
|
Saya rela berkorban demi kepentingan masyarakat,
bangsa dan Negara
|
|
|
10.
|
Saya berusaha menjadi warga negara yang baik dan
bertanggung jawab
|
|
|
Petunjuk penilaian
:
Setiap
jawaban ya diberi skor 1; tidak skor 0
Kategori
hasil penilaian
Baik : jika jumlah skor 8 – 10
Sedang : jika jumlah skor 6 – 7
Kurang : jika jumlah skor 1- 5
d.
Penilaian antarpeserta didik
Menilai cerita
pengalaman teman
Simaklah dengan baik cerita dari
setiap anggota kelompok. Isilah format berikut ini sesuai dengan
pendapatmu dengan memberikan tanda cek (ü) pada kolom .
Nama Peserta Didik (penilai) : ________________________
No
|
Yang bercerita
|
Suara
|
Gaya
|
Isi
|
|||
Jelas
|
tidak
|
menarik
|
tidak
|
berkesan
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Temukan yang terbaik.Beri tanda K di samping namanya.
Keterangan :
·
Jumlah
penilai 5 orang
·
Tanda
cek pada kolom: jelas, menarik, berkesan
masing-masing diberi skor 1;
tidak skor 0
·
Skor
peserta didik = jumlah perolehan skor dari semua penilai
·
Kategori
hasil penilaian
Skor
maksimal 15
Baik : jika jumlah skor 11 – 15
Sedang : jika jumlah skor 6 – 10
Kurang : jika jumlah skor 1 - 5
2. Remidial dan Pengaayaan
Guru memberikan remedial kepada peserta didik jika belum mencapai ketuntasan sebagaimana pada Kriteria ketuntasan tersebut di atas.
Materi remedial diberikan hanya aspek yang tidak tuntas saja. Guru
memberikan pengayaan kepada peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada semua aspek penilaian
G. Media/alat, Bahan,
dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
Papan Tulis, LCD, Gambar, Kartu
2.
Bahan
dan Sumber Belajar
a.
Buku
Panduan Guru, Mapel Bahasa
Arab MI, Kelas 2, Kementerian Agama RI, 2014
b.
Buku
Pegangan Siswa, Mapel Bahasa
Arab MI, Kelas 2, Kementerian Agama RI, 2014
c.
Kamus Bahasa Arab
d.
Akses Internet
e.
Lingkungan yang mendukung
|
|
|
Sungai
Pinang, Juli 2015
|
Mengetahui,
Kepala
Madrasah
Drs.
H. Mastur
NIP.19650613
199203 1 004
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
Dra.
Hj. Halimah
NIP.
19651231 199803 1 017
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar