RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Madrasah : MIN
PANDAK DAUN
Mata pelajaran : FIKIH
Kelas/Semester : I/
I
Materi Pembelajaran : Islam
Agamaku
Alokasi Waktu : 2 jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
KI- 1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
KI- 2 Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI- 3Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
B. Kompetensi Dasar
1.1
Menerima kebenaran rukun islam.
2.1
Menjalankan lima rukun islam.
3.1
Memahami rukun Islam.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu :
1. Menyebutkan rukun
islam secara urut
2. Menghafal rukun
islam secara urut
3. Menerapkan kebenaran
rukun islam
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Mengetahui rukun islam secara
berurutan dan mampu melafalkan syahadat dengan baik dan benar
2.
Mempraktekkan gerakan salat
yang benar disertai hafalan bacaan salat (hanya untuk yang telah mampu)
3.
Memahami kewajiban berzakat dan
mengetahui waktu penyerahan zakat
4.
Membiasakan peserta didik agar
dapat berlatih berpuasa pada bulan ramadan
5.
Mengetahui haji wajib bagi orang yang mampu dan setiap
peserta didik diharapkan mempunyai cita-cita agar dapat melaksanakannya suatu
hari nanti.
6.
Membiasakan peserta didik agar
dapat melaksanakan rukun islam dalam kehidupan sehari-hari dan terbiasa untuk selalu
disiplin, jujur, peduli dan bertanggung jawab dalam pelaksanaannya.
E. Materi Pokok
Syahadat
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Guru mengucapkan salam dan
mengajak peserta didik berdoa bersama
2)
Guru memeriksa kehadiran,
posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran
3)
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran
4)
Guru bersama dengan peserta didik
bernyanyi lagu “Rukun Islam”
5)
Untuk memperjelas uraian, guru menggunakan alat bantu
yang lain, seperti gambar, VCD, TV,
atau proyektor.
2. Kegiatan Inti
1)
Guru bersama peserta didik kembali
menyanyikan lagu “Rukun Islam”
2)
Kemudian melakukan tanya jawab
berkaitan dengan lagu yang telah diyanyikan
3)
Peserta didik bersama guru
mengamati gambar bangunan tinggi yang kokoh dan gambar bangunan roboh di dalam
buku peserta didik
4)
Peserta didik diminta untuk
membandingkan kedua gambar tersebut
5)
Setiap peserta didik
mengemukakan pendapat tentang gambar
6)
Guru memberikan penguatan dari
setiap pendapat peserta didik
7)
Guru menjelaskan akan
pentingnya rukun islam sebagai dasar/pondasi seorang muslim yang di ibaratkan
dalam sebuah bangunan kokoh
8)
Guru meminta peserta didik
menyebutkan rukun islam secara berurutan
9)
Guru memberi penghargaan berupa
bintang prestasi kepada peserta didik yang mampu menyebutkan rukun islam secara
urut dan tepat
10)
Guru mempersiapkan beberapa
kartu yang bertuliskan nama-nama rukun islam secara acak
11)
Peserta didik diminta
mengurutkan kartu tersebut secara tepat
12)
Guru meminta peserta didik
untuk mengamati tulisan lafal syahadatain
13)
Guru bersama peserta didik
melafalkan dua kalimah syahadat beserta artinya
14)
Peserta didik betsama teman di
sampingnya mengulang-ulang lafal syahadatain beserta artinya sampai lancar
15)
Peserta didik mengamati kembali sebuah gambar anak yang
sedang membaca lafal syahadatain di depan papan tulis
16)
Guru mempersiapkan penggalan
kata dari lafal syahadatain
17)
Peserta didik diminta untuk menyusun penggalan lafal
syahadatain menjadi kalimat yang utuh
18)
Pada kolom “Insya Allah aku bisa ” peserta didik
bersama-sama mengatakan “ Aku hafal dua kalimat syahadat”
19)
Guru memberi penjelasan , setelah memahami syadatain kita
harus meyakini bahwa “ Allah itu Maha Esa”
20)
Pada kolom “tugasku” guru menugaskan peserta didik untuk melatih
bacaan syahadat di hadapan orang tuanya kemudian diminta untuk melaporkan hasil
pengamatan orangtua tentang kelancaran bacaan setiap peserta didik
3.
Penutup
1)
Peserta didik membuat kesimpulan
tentang syahadat
2)
Guru meminta peserta
didik mengulang materi pelajaran yang baru diberi
kan di rumah masing-masing
3)
Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama
G. Penilaian
1.
Teknik
penilaian: Tes dan Non Tes
2.
Instrumen
penilaian dan pedoman penskoran
1)
Berilah tanda silang pada huruf B jika benar dan S jika salah!
Tulisan
lafal syahadatain
|
a) B - S Tulisan di
samping adalah lafal doa setelah makan
b) B - S
Rukun Islam yang pertama adalah zakat
c) B - S Lafal syahadat
selalu dibaca ketika umat islam melakukan salat
d) B - S Syahadat wajib
dibaca bagi orang yang baru masuk agama islam
e) B - S
Syahadat adalah rukun islam yang kedua
2)
Kunci Jawaban
a)
Salah
b)
Salah
c)
Benar
d)
Benar
e)
Salah
Pedoman penskoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal 5 × 20 = 100
Soal yang benar dikalikan
nilai setiap soal
Penilaian sikap
Penilaian ini diambil dari penyusunan penggalan kata syahadat dan rukun islam
No
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Catatan : Nilai *
4 = Sangat baik 3 = Baik
2 = Sedang 1 = Kurang baik
Sangat baik = Membudaya
Baik = Mulai berkembang
Sedang = Mulai terlihat
Kurang baik = Belum terlihat
Keterangan :
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indikator)
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal
perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten )
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah
memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan
mulai konsisten)
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten)
Guru dapat mengembangkan soal berikut
rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
3.
Pengayaan dan Remedial
1)
Peserta didik yang sudah hafal syahadat diminta untuk
membantu teman yang belum lancar melafalkan syahadat.
2)
Peserta didik yang masih belum lancar menghafal bunyi
kalimat syahadat ditugaskan untuk belajar pada teman yang telah mencapai
kriteria ketuntasan maksimal
H. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
Papan Tulis, LCD, Gambar, Kartu
2.
Bahan
dan Sumber Belajar
a.
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih MI, Kelas 1, Kemenag RI, 2014
b.
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih MI, Kelas 1, Kemenag RI, 2014
c.
Buku Penunjang
Lainnya Yang Relevan
d.
Lingkungan sekitar
yang mendukung pembelajaran
Mengetahui
Kepala MIN
Pandak Daun
Khairani, S.Ag
NIP.197010141998031001
|
Pandak Daun, Juli 2015
Guru Mata Pelajaran
Sa’adah, S. Ag
NIP.
197009212007012025
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar